Jumat, 25 Maret 2022

ESPORT Competition, Ajang Adu Nyali para CYBER GAMES

(Electronic sports, e-sports, esports) merupakan suatu istilah untuk kompetisi permainan video pemain jamak, umumnya antara para pemain profesional. Aliran permainan video yang biasanya dihubungkan dengan olahraga elektronik adalah aliran strategi waktu-nyata, perkelahian, tembak-menembak orang-pertama, dan arena pertarungan daring multipemain. Lomba Esport telah lama menjadi bagian dari budaya permainan video, kompetisi ini telah mengalami peningkatan besar dalam popularitas dari akhir dekade 2000-an dan awal 2010-an yang termasuk dalam Cyber Games. Faktor yang membedakan antara pecinta permainan elektronik (gamer) dengan altet olahraga elektronik yaitu, para pemain olahraga elektronik selalu melatih fisik dan stamina mereka layaknya atlet olahraga lain, serta harus memiliki intelektual dan logika yang juga baik untuk mengatur strategi dalam bermain. Permainan elektronik bisa dikategorikan sebagai olahraga karena menyertakan motorik halus, layaknya permainan catur dan permainan kartu.
Kegiatan lomba esport (mobile legend : Bang bang dan Garena Free Fire) juga dilaksanakan di SMK Raflesia Depok pada tanggal 19 Maret 2022 pukul 08.00 s.d 15.00 wib. di ruang Aula SMK Raflesia. Setiap peserta berlomba dengan menggunakan gadget yang sudah di persiapkan. Kegiatan ini dikuti oleh 125 peserta yg terdiri dari 19 SMP di sekitaran kota Depok dan sebagian Jakarta Timur. Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan baik dan lancar, utk pemenang lomba Mobile legend : bang bang adalah SMPN 11 Depok dan pemenang Garena Free Fire adalah SMPN 7.
Lomba ini selain bertujuan untuk ajang silaturahmi antar peserta dengan sekolah SMK Raflesia disamping itu sebagai ajang untuk mengasah motorik halus remaja dan juga sebagai bentuk eksplorasi remaja dalam mengikuti perkembangan teknology informatika yang pesat seperti saat ini.