Senin, 11 Januari 2016

Mengenal alam dari pinggir Sungai Ciliwung Depok


Depok News–Sebanyak 85 siswa SMK Rafflesia menggelar river camp dan belajar alam di pinggir Sungai Ciliwung. Kegiatan menjadi sarana menumbuhkan kecintaan alam.
Sebagai bentuk kepedulian lingkungan, SMK Rafflesia mengadakan river camp di pinggiran Sungai Ciliwung yang berada di pos pantau Ratu Jaya. “Kami bekerja sama dengan Sekretariat Sahabat Bersama (Sekber-red) Ciliwung, memberikan pengenalan alam terbuka kepada anak siswa kelas 10 dan 11, yang nantinya akan diarahkan menjadi kader lingkungan Kota Depok,” kata Kepala SMK Rafflesia, Harry Wibowo, kepada Depok News, Minggu 20 Desember 2015. Haryy menambahakan, pihak sekolah sengaja mengajak anak didiknya untuk peduli lingkungan. Dipilihnya pinggiran Sungai Ciliwung, tambah Haryy, agar siswa menjaga sungai purba tersebut dari limbah sampah, minimal dengan tidak membuang sampah ke sungai. Sungai Ciliwung merupakan bagian dari sejarah Indonesia.
“Paling tidak siswa kenal kondisi Ciliwung saat ini sekaligus memperkenalkan area camping ground yang dibangun Sekber Sahabat Ciliwung,” tutur dia.
Sementara, anggota Sekber Sahabat Ciliwung Hidayat Al Ramdani mengapresiasi kegiatan SMK Rafflesia, dan telah memanfaatkan camping ground Sekber Sahabat Ciliwung. Dia berharap kegiatan tersebut dapat diikuti sekolah dan masyarakat umum.
“Ini bagian dari upaya kami dalam mengenalkan Sungai Ciliwung kepada masyarakat. Semakin banyak orang tahu Ciliwung, maka semakin banyak yang perhatian dengan kondisi Ciliwung saat ini,” tutur pria yang akrab disapa Dayat ini.
Klik Berita Terkait