Senin, 27 Oktober 2014

Education Tour, Kamis 23 Oktober 2014 di Bandung



EDUcation TOUR SMK Raflesia 
Kamis 23 Oktober 2014 di Bandung.

Dalam rangka menumbuhkan wawasan siswa tentang pendidikan, pengetahuan dan kewirausahaan, pada tanggal 23 Oktober 2014 telah diadakan kegiatan Outing Class ke Bandung dengan nama EDU TOUR sesuai dengan target akademik. Tempat yang dikunjungi yaitu Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung pada fakultas Keperawatan dan Fakultas MIPA program studi Teknik Informatika untuk menambah wawasan dan motivasi siswa tentang  pendidikan pada jenjang Perguruan Tinggi favorit, Museum Asia Afrika dalam hal pengenalan terhadap wawasan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan penanaman nilai-nilai kebangsaan, Museum Geologi  berkenaan dengan Sejarah manusia berkaitan dengan mata pelajaran Sejarah,  Gedung Sate yang merupakan ikon kota Bandung, dan terakhir ke Cihampelas dalam menggali minat kewirausahaan siswa dalam berinteraksi dengan pengusaha/ wirausaha di sepanjang Cihampelas Bandung.
Keberangkatan dijadwalkan pukul 06.00 diawali dengan acara berdoa bersama di lapangan Program dan pembagian kelompok kerja. Kelompok kerja dibagikan lembar kerja siswa yang berisi pertanyaan seputar tempat yang dikunjungi dan mewakili beberapa mata pelajaran wajib di sekolah yaitu PKN, Sejarah Indonesia, Kewirausahaan, serta kompetensi Produktif Keperawatan dan RPL. Dalam keberangkatan dibagi menjadi 3 bus dengan masing-masing bus diawasi oleh beberapa pembimbing. Jumlah siswa dan guru yang mengikuti perjalanan Outing Class berjumlah sekitar 180 orang.
Outing Class ini menjadi sangat menarik dimana seluruh siswa dapat saling mengenal baik dengan sesame siswa lain, dengan guru, dengan pihak pendidik seperti para pakar akademisi seperti Doktor dan Profesor di bidangnya, lebih mengenal kompetensi lulusan dari Perguruan Ternama di Indonesia yaitu Universitas Padjajaran. Ada hal menarik dimana pada peminatan Robotika program studi Teknik Informatika ditampilkan beberapa project mahasiswa yang dilombakan di tingkat nasional dan inernasional yang merupakan duta science dari Unpad. Antusias siswa RPL dalam mengamati project Robotika pada program studi Teknik Informatika dan kunjungan fasilitas laboratorium pada perguruan tinggi tersebut. Antusias siswa juga terlihat ketika pengarahan tentang sejarah konfrensi Asia Afrika. Hari sudah menunjukkan pukul 16.30 wib tiba di Gedung Sate, sayangnya museum Geologi yang terletak tidak jauh dari gedung sate sudah tutup dan siswa hanya dapat berfoto di depan Museum Geologi tersebut dan mengabadikan sore berfoto di depan Gedung Sate. Kegembiraan  dan keceriaan siswa tergambar jelas menikmati keindahan kota Bandung walaupun hari sudah menjelang sore. Kegiatan diakhiri dengan mengunjungi Pusat Perbelajaan di sepanjang jalan Cihampelas Bandung sambil mencari data tentang kewirausahaan para pedagang kaki lima sambil berbelanja santai dan menikmati malam kota Bandung.