Kamis, 22 Januari 2015

Maulid Nabi Muhammad Saw dan Syukuran Akreditasi, Kamis, 22 Jan 2015






MAULUD adalah kelahiran.siapa yg lahir?dan siapa yg melahirkan?serta utk ap dilahirkan?jika kt sdh memahami dg benar maka kt baru berpikir dan bertanya tentang Proses nya. siapa yg melahirkan? bagaimana dia melahirkan /apa yang dilakukan saat dia melahirkan? hal ini perlu kita kaji dan kt pelajari tentang hakekatnya,karena apa? Bahkan Maulud datang setiap tahun, bahkan sampai Akhir jaman.
Silahkan & mari bertanyalah pada sang khalifah diri kita ini...
Menghidupkan ketradisionalan disela-sela kemodernan bukan berarti kemunduran apalagi ketertinggalan gaya hidup. Hanya agar terjaga keseimbangan itu dalam kiasan simbol-simbolnya yang sarat makna, kita menjadi mudah untuk memahami ajaran & akan lebih diterima jika kita mengambil keaslian dari budaya kt sendri yg begitu lentur & inklusif. Dengan acara tasyakuran potong tumpeng ini, kita punya Maksud & tujuan untuk menghidupkan syiar dlm suasana keakraban yg lebîh dekat pada nilai2 budaya kita yang luhur yang intinya kita bisa mengambil spirit kebersamaanya dalam mencari makna maulid yg sesungguhya. Tentunya dengan merefleksikan kembali dalam diri kita sendiri sebagai hamba untuk menemukan substansi dari inti ajaran muhammad itu..
Makna tumpeng adalah simbol kerucut dengan mempunyai 1 titik puncak ke-Esaan & hal itulah yang musti dicapai, yang disekelilingya bertaburan ugo rampe (hasil rempah tanah) dimana hasil jeri payah, kerja & usaha yang kita amalkan dapat disemai & dinikmati keberkahannya bersama-sama. Dengan ikhlas..kita bdo'a semoga senantiasa diberi keselamatan, keamanan, kedamaian, rizki & derajat kemuliaan yg tinggi disisi Allah Swt.
Kita berkumpul...kita berhimpun...kita melingkar, kita mengikat dalam silaturahim yg kuat, kesolidan yang konsisten & dinamis dlm suasana keluargaan yg harmonis & berjamaah yg begitu hangat, saling memberikan inspirasi semangat di antara kita.
Salam spirit kebersamaan...,
Hayuuu...sadayana...haturkeun salam & shalawat tuk kanjeng Nabi besar Muhammad Saw

Posting by : Hari Wibowo, S.Pdi